Dirilis Resmi di Indonesia, Review Harga dan Spesifikasi Nokia 5.1 Plus

Review Harga dan Spesifikasi Nokia 5.1 Plus - Sejak berpisah dengan Microsoft pada tahun 2016, Nokia secara konsisten hadir dalam bentuk berbagai smartphone Android One berkualitas. Produk terbaru dari merek HMD Global yang memasuki pasar Indonesia adalah Nokia 5.1 Plus.
Review Spesifikasi Nokia 5.1 Plus
Dirilis Resmi di Indonesia, Ini Harga dan Review Spesifikasi Nokia 5.1 Plus
Segmen smartphone dengan harga 2,5-4 juta memang seksi. Vendor berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen di pasar ini dengan menawarkan produk yang memiliki berbagai keunggulan.

Nokia tidak terkecuali. Setelah meluncurkan Nokia 6.1 Plus beberapa bulan lalu, merek yang sekarang dipegang oleh HMD Global kembali menghadirkan produk serupa dengan harga lebih murah, yaitu Nokia 5.1 Plus.

Formula yang diusung oleh Nokia 5.1 Plus masih sama dengan kakaknya. Mengandalkan kualitas bawaan yang kokoh, desainnya dibuat mewah dengan penutup pelindung mengkilap yang menarik perhatian.

Seperti Nokia 6.1 Plus, yang diluncurkan sebelumnya, smartphone ini menargetkan konsumen kelas menengah. Hanya saja, ada beberapa komponen dan spesifikasi yang berbeda, bahkan kurang dapat diandalkan dibandingkan saudaranya.

Meski begitu, Nokia 5.1 Plus tetap menjadi pilihan menarik bagi Anda yang mencari smartphone baru. Apalagi smartphone ini dijual dengan kisaran harga dua jutaan. Ingin tahu tentang apa yang ditawarkan Nokia 5.1 Plus?

Penggunaan sistem operasi Android One 8.1 yang ringan ditambah koneksi USB tipe C yang jarang digunakan oleh produk tingkat membuat nilai tambah tersendiri untuk Nokia 5.1 Plus. Lalu, apakah kinerja dan kualitas kamera layak untuk dilihat? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ini adalah harga dan spesifikasi Nokia 5.1 Plus baru yang dirilis di Indonesia.


Nokia 5.1 Plus memiliki layar IPS LCD yang dihiasi dengan takik atau garis poni, yang merupakan ciri khas desain ponsel cerdas Nokia saat ini. Layar lebar masih "dihiasi" takik atau poni dan dagu yang mengusung logo Nokia, membuat rasio layar terhadap tubuh menjadi 79,6 persen.

Layar Nokia 5.1 Plus memiliki resolusi HD (720p), yang mungkin merupakan nilai minus di mata sebagian orang. Namun, dengan ukuran layar 5,86 inci; gambar yang ditampilkan akan tetap terlihat tajam. Kerapatan piksel mencapai 287 ppi.

Desain Nokia 51

Desain Nokia 51
Desain bagian depan Nokia 5.1 Plus terbilang mewah meski harganya berada di kelas menengah
Sama seperti Nokia 6.1 Plus, Nokia 5.1 Plus hadir dengan desain premium yang dibungkus dengan kaca di bagian depan dan belakang yang melengkung ke samping.

Bezel cukup tebal di sekitar sisi smartphone. Sudut membulat, terlihat lebih 'aman' baik saat terkena tabrakan maupun tidak sengaja jatuh. Bagian bawah layar masih tampak kental dengan logo Nokia yang terkandung di dalamnya.

Desainnya kompak, pas di satu tangan. Penggunaan material kaca membuat jejak sidik jari mudah tertinggal dan permukaan menjadi licin, untuk mengantisipasi, menyiapkan dana tambahan untuk membeli softcase sehingga tidak mudah lepas.

Untuk smartphone senilai Rp 2,5 juta, desain ini cukup mewah. Ukuran poni lebih besar dari 6,1 Plus, tetapi isinya tetap sama, yaitu kamera depan, lubang suara, dan sensor cahaya sekitar.

desain belakang

Desain belakang nokia 5.1 Plus
Desain belakang, posisikan sensor sidik jari tepat di bawah

Beralih ke belakang, ada susunan dua kamera vertikal diikuti oleh lampu flash LED. di bawahnya ada sensor sidik jari. Jika Anda tidak terbiasa, Anda harus meraba-raba bagian belakang untuk menemukan sensor sidik jari.

Tidak ada akses perak yang melingkari area kamera dan sensor sidik jari seperti 6.1 Plus sehingga kehadiran keduanya kurang menonjol.

sisi bawah

Sisi Bawah Nokia 5.1 Plus
Bagian bawah adalah lubang port mikrofon dan audio yang tersebar

Port audio ditempatkan di bagian atas bersama dengan lubang mikrofon, sedangkan di bagian bawah dilengkapi dengan panggangan speaker, port USB dan lubang mikrofon.

Menariknya, Nokia 5.1 Plus telah mengadopsi USB tipe C, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada smartphone di kelasnya, atau bahkan di atasnya.

Di sisi kiri, ada baki yang berisi dua slot kartu sim, salah satunya berfungsi hybrid dan juga dapat digunakan sebagai slot micro SD. Di sisi yang berlawanan, Anda dapat menemukan tombol volume dan tombol daya.

Layar

screen1
Layar 5,8 inci cukup lebar untuk menonton video dan bermain game (foto Arief)
Nokia 5.1 Plus menggunakan layar 5,8 inci, persis sama dengan Nokai 6.1 Plus. Bedanya, resolusi layar 5.1 Plus masih HD + sedangkan 6.1 Plus sudah FHD +. Poni yang lebih lebar membuat rasio ke tubuh Nokia 5.1 Plus juga lebih kecil, 79.6% dibandingkan dengan 6.1 Plus (81.5%).

screen3
Pengaturan layar secara maksimal dengan mengaktifkan kecerahan adaptif (foto Arief)
Warna yang ditampilkan pada layar Nokia 5.1 Plus cukup cerah dan tajam. Tidak ada masalah saat Anda membuka layar 5.1 Plus di dalam dan luar ruangan, tampilannya masih terlihat jelas.

Anda dapat mengatur kecerahan secara manual melalui slide yang telah disediakan, atau dengan mengaktifkan fitur kecerahan adaptif, di mana layar Nokia 5.1 Plus akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang diterima.

Menonton film atau video sinematik dengan rentang yang lebih luas dapat dilakukan karena layar Nokia 5.1 Plus telah mengadopsi rasio saat ini 19: 9.

Kinerja dan Perangkat Lunak
Nokia 51 innards
Helio P60 dan Mali-G72 GPU cukup untuk menjalankan aplikasi dan game yang berat (Arief photo)
Berbeda dengan saudaranya, yang didukung oleh Snapdragon 636, Nokia 5.1 Plus memilih untuk memegang MediaTek's Helio P60. Dukungan untuk RAM 3Gb dan memori internal 32GB sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi baik tunggal maupun multitasking.

Jika kurang, slot microSD dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas memori hingga 400GB. Dukungan grafis dari GPU Mali-G72 MP3 membuat smartphone Nokia 5 seri terbaru yang mampu menjalankan game intensitas tinggi seperti Asphalt 9.

Jadi, tentu saja tidak masalah jika Anda juga ingin bermain game online dengan grafis lebih rendah seperti PUBG dan Mobile Legends.

Benchmark Nokia
Hasil tes benchmark Nokia 5.1 Plus sesuai dengan harapan (foto Arief)
Dari hasil pengujian menggunakan aplikasi Antutu, PC Mark, dan 3D Mark, hasil yang diperoleh Nokia 5.1 Plus sesuai dengan harapan. Standar memang, tetapi mengingat harga yang ditawarkan, skor yang diperoleh lebih dari cukup dan bahkan bisa bersaing dengan smartphone dengan kelas yang sedikit lebih tinggi.

permainan
Dukungan grafis dari GPU Mali-G72 MP3 yang mampu melibas game-game berat Asphalt 9 (Arief photo)
Seperti kebiasaan smartphone yang dibuat oleh HMD, Nokia 5.1 Plus juga menggunakan sistem operasi Android One dengan menggunakan stock ROM Android 8.1 Oreo. Di satu sisi, sistem operasi ini bebas bloatware atau tidak mengandung aplikasi yang memperburuk kinerja ponsel cerdas.

Nokia 5.1 Plus juga telah menghadirkan beragam aplikasi Google yang dimuat sebelumnya. Nokia sendiri menjamin bahwa setiap smartphone akan mendapatkan pembaruan ke 2 versi Android di masa depan. Ini berarti, pengguna Nokia 5.1 Plus tidak perlu khawatir karena di masa depan, mereka akan mendapatkan pembaruan Android P dan Q.

Kamera
Kamera Nokia 5.1 Plus menggabungkan lensa dengan sensor utama 13MP dengan bukaan f / 2.0 dan sensor sekunder 5MP yang berfungsi sebagai pemindai kedalaman. Masuk ke dalam kategori smartphone murah, hasil dari kamera Nokia 5.1 Plus termasuk yang layak, terutama untuk foto dalam suasana luar ruangan.

Warna-warna yang dihasilkan terlihat jernih sesuai dengan objek asli dengan detail yang baik. Dalam kondisi di dalam ruangan atau kurangnya cahaya, masih ada sedikit noise dalam detail yang berkurang.

Kamera depan 8MP dengan aperture f / 2.2 juga menghasilkan selfie bersih dalam kondisi luar ruangan, tetapi sedikit noise saat cahaya redup.

camera1
Foto selfie menjadi lebih unik dengan penambahan stiker lucu (foto Arief)
Ada fitur kecantikan di mana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan foto objek, termasuk menggunakannya untuk menghasilkan foto narsis. Fasilitas stiker dapat membuat foto selfie Anda lebih unik. Ada juga sejumlah opsi skema pencahayaan yang dapat membuat selfie Anda lebih jelas.

Bothie
Fitur Bothie memungkinkan pengambilan foto dan video dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan (foto Arief)
Fitur andalan Nokia, Bothie tetap hadir meski Nokia 5.1 Plus digolongkan sebagai smartphone murah. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat foto dan video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

kamera
Pengaturan kamera untuk hasil maksimal (foto Arief)
Dan seperti kebanyakan smartphone, Nokia 5.1 Plus juga dilengkapi dengan mode manual di mana Anda dapat melakukan berbagai pengaturan seperti pencahayaan, kecerahan dan sebagainya.

Fitur Live Bokeh memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gambar sehingga objek yang ingin Anda sorot menjadi lebih detail dan latar belakang menjadi buram.

Aplikasi kamera Nokia 5.1 Plus telah menyematkan fitur pintar Google Lens tempat Anda dapat mengidentifikasi objek dan mencari informasi lebih lanjut.

Dapur pacu cukup mumpuni


Otak pemrosesan Nokia 5.1 Plus diserahkan kepada Mediatek Helio P60, yang bersaing dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636. Meskipun bukan juara di pasar kelas menengah, chipset menjanjikan kinerja cepat, baik untuk penggunaan standar maupun untuk bermain game.

Untuk mendukung kinerja Nokia 5.1 Plus, HMD Global menyertakan 3GB RAM, yang cukup mampu melakukan multitasking. Media penyimpanan internal yang ditawarkan cukup besar, yaitu 32 GB, dengan slot microSD tambahan yang mendukung hingga 400 GB.

HMD Global juga menerapkan baterai berkapasitas 3.060 mAh untuk memastikan bahwa Nokia 5.1 Plus dapat digunakan untuk sehari penuh.

Kamera ganda beresolusi tinggi


Dalam hal fotografi, Nokia 5.1 Plus memiliki kamera ganda di bagian belakang. Modul kamera memiliki konfigurasi sensor 13 megapiksel yang disandingkan dengan sensor kedalaman 5 megapiksel. Kamera ini juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi Full HD (1080p).

Sementara itu, di bagian depan, Global HMD menyematkan kamera 8 megapiksel. Meski tidak terlalu tinggi, resolusinya cukup untuk menghasilkan foto selfie yang bagus.

Spesifikasi lengkap Nokia 5.1 Plus

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Nokia 5.1 Plus, smartphone kelas menengah dari Global HMD yang baru dirilis di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap Nokia 5.1 Plus
Data di Update 2019.
Dimensi 149,5 x 72 x 8,1 mm
Bobot 160 gram
Tipe layar IPS LCD
Ukuran layar 5,86 inci; rasio layar ke bodi 79,6%; rasio aspek 19:9
Resolusi layar 720 x 1520 piksel, 287 ppi
Sistem operasi Android 8.1 Oreo versi Android One
Chipset Mediatek Helio P60
CPU Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G72 MP3
Memori internal 32 GB, RAM 3 GB
Slot micro SD Di slot SIM 2, mendukung hingga 400 GB
Kamera belakang Kamera ganda: 13 MP (f/2.0) + sensor kedalaman 5 MP, LED flash, rekam video 1080p@30fps
Kamera depan 8 MP (f/2.2)
Baterai 3.060 mAh

Varian dan harga untuk Nokia 5.1 Plus di Indonesia

Seperti disebutkan sebelumnya, Nokia 5.1 Plus dijual dengan harga Rp2 juta. HMD Global juga menawarkan smartphone ini dalam tiga varian warna. Berikut detail varian dan harganya.

Model smartphone Varian warna Harga
Data di Update 2019.
Nokia 5.1 Plus Gloss black Rp2,6 juta
Nokia 5.1 Plus Gloss white Rp2,6 juta
Nokia 5.1 Plus Midnight gloss blue Rp2,6 juta

Kesimpulan
Sebagai smartphone murah, desain dan penampilan Nokia 5.1 Plus patut diacungi jempol. Tubuh berbalut kaca terlihat premium dan 'tidak malu' saat dipegang. Plus, tidak banyak smartphone dengan kisaran harga yang sama memiliki koneksi USB tipe C.

Mengenai kinerja, Nokia 5.1 Plus melebihi harapan smartphone dengan harga 2,5 juta. Didukung oleh chipset Helio P60 dengan konfigurasi 643 RAM3GB / ROM, menjalankan multitasking tidak lagi menjadi masalah. Untuk memainkan game juga, Nokia 5.1 Plus dapat diandalkan.

Jadi, jika Anda mencari smartphone dengan harga 2,5 juta, Nokia 5.1 Plus sangat layak untuk dipertimbangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel